Pelaksanaan Asesmen Nasional Kelas XI Kelompok Wisnu di PKBM Widya Asrama pada 2 dan 3 September 2023

Pelaksanaan Asesmen Nasional Kelas XI Kelompok Wisnu di PKBM Widya Asrama pada 2 dan 3 September 2023 berjalan dengan baik dan lancar.

Peserta yang terdaftar sejumlah 12 orang. I Putu Yahdi Karnawan, S.Pd. selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa pelaksanaan berjalan lancar. Kegiatan dikelola oleh Proktor Ni Putu Yasmini, S.Pd., Teknisi Pande Putu Ramade Putra P, S.Pd.H. dan melibatkan Pengawas Silang yaitu dari PKBM Melati, Payangan.

AKM merupakan salah satu pokok-pokok kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbudristek.  Tujuan pelaksanaan AKM sesungguhnya untuk membebaskan para peserta didik dari metode belajar menghafal menuju metode belajar menganalisa dan bernalar. Kegiatan ini mengukur literasi dan numerasi.

Pada point literasi, para peserta didik akan diuji kemampuan memahami konsep bahan bacaan sedangkan numerasi akan diuji kemampuan mengaplikasikan konsep berhitung dalam konteks yang abstrak dan nyata.

Uji Literasi dan numerasi ini memerlukan daya analisa dan penalaran bukan daya hafal. Warga belajar PKBM memiliki kebebasan untuk memberikan jawaban-jawaban saat ujian AKM berlangsung sesuai kecakapan masing-masing. Ini merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan dan ucapkan selamat tinggal pada stres menjelang ujian, budaya contek dan bimbel.

Mari tumbuh dan bergerak wujudkan MerdekaBelajar Kesetaraan

#SekolahKolaborasi







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pendidikan Kesetaraan (EPK) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Sistem Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C di PKBM Widya Asrama

RAT-PK [Rencana Aktivasi Tutorial - Pendidikan Kesetaraan]