Monitoring Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Tahap II T.A 2023 oleh Bidang PLS dan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar

PKBM Widya Asrama menerima kunjungan kerja Bidang PLS dan Masyarakat, Dinas Pendidikan Kab. Gianyar yang dipimpin oleh Kepala Bidang PLS dan Masyarakat beserta jajaran pada Kamis, 26 Oktober 2023. Kunjungan kerja kali ini diterima oleh Putu Yahdi Karnawan beserta Penilik I Made Naryasa, S.Sos., dan I Ketut Marta, S.E bertempat di Ruang Sekretariat. Maksud kunjungan kerja ini yaitu untuk melakukan pembinaan terhadap pengelolaan dana pemerintah yang berupa Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Tahap II T.A 2023  Tahun Anggaran 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kepala Bidang memberikan arahan bahwa di dalam mengelola dana pemerintah wajib bersandar pada aturan yang ditetapkan sehingga dapat dipertanggung jawabkan dengan tepat. Selain itu, Beliau mengingatkan kembali bahwa di dalam penyusunan RKAS hendaknya berdasarkan Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang bersumber pada Raport Pendidikan.

Di sisi lain, Jaya Mega selaku staf dari Bidang PLS dan Masyarakat mengecek RKAS, Dokumen Pertanggung jawaban realisasi dana yang berupa SPJ serta memastikan barang dan jasa memiliki bukti yang riil. Selain itu, disampaikan pula agar satuan pendidikan dapat membedakan realisasi yang berupa honorarium dan pembayaran jasa serta mengingatkan PKBM agar mengarsipkan segala dokumen administrasi yang telah dibuat dengan baik.

Selain itu, Jaya Mega juga mengingatkan agar satuan PKBM Widya Asrama mengisi Sulingjar. Sebagai informasi, Sulingjar merupakan salah satu instrumen penilaian yang diadakan sebagai bagian dari Asesmen Nasional.

Sulingjar digunakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengukur kualitas proses pembelajaran, praktik guru, kepemimpinan sekolah, iklim keamanan, dan iklim kebhinekaan di satuan pendidikan. Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik. Tujuan survei ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar di satuan pendidikan di mana kepala satuan pendidikan atau guru bertugas.

Melalui kesempatan tersebut, Yahdi Karnawan menyampaikan terima kasih atas pembinaan yang telah diberikan, ini merupakan bentuk dukungan Dinas Pendidikan Kab. Gianyar kepada PKBM Widya Asrama dalam mengelola dana pemerintah yang tepat. Yahdi juga menambahkan bahwa ke depan diharapkan Dinas senantiasa mengawal PKBM dari tahap awal perencanaan RKAS hingga realisasi agar dana yang dikelola sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan dan tidak menyalahi aturan. Selain itu, kami berkomitmen mengisi Sulingjar dengan optimal sesuai dengan keadaan kami secara objektif dan terbuka.

Diskusi berjalan optimal dan saling menguatkan, apa yang kurang dipahami melalui kesempatan tersebut terang benderang dijelaskan sehingga ke depan PKBM Widya Asrama akan menindaklanjuti hasil pembinaan yang diberikan.

Kami berkomitmen secara berkesinambungan untuk senantiasa berkolaborasi mengelola dana pemerintah sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing

"Semangat Kolaborasi" PKBM Widya Asrama untuk Negeri
#MerdekaBelajar












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pendidikan Kesetaraan (EPK) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Sistem Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C di PKBM Widya Asrama

RAT-PK [Rencana Aktivasi Tutorial - Pendidikan Kesetaraan]