Diskusi Terpumpun Pengelolaan Dapodik di PKBM Widya Asrama Kec. Gianyar | Selasa, 19 Desember 2023

PKBM Widya Asrama Kec. Gianyar melaksanakan Diskusi Terpumpun terkait Pengelolaan Dapodik menjelang cut off data semester ganjil. Diskusi dipimpin langsung oleh Ketua PKBM Widya Asrama dengan mendatangkan Operator Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan Kab. Gianyar serta melibatkan para Koordinator Program PAUD dan Dikmas di lingkungan PKBM Widya Asrama.

Kegiatan berlangsung sehari yang membahas beberapa point yaitu terkait pengelolaan Dapodik versi 2024.b, pengelolaan manajemen dapodik, pengelolaan Verval PD dan Verval GTK, pengelolaan rombongan belajar serta menentukan strategi pendataan pada semester-semester selanjutnya.

Diskusi yang dilakukan ini merupakan sebuah kebutuhan mendesak yang harus mendapatkan tindakan preventif sehingga kendala-kendala yang kami hadapi dapat diatasi dengan baik. Selama ini, kami terkendala dalam pengelolaan rombongan belajar, itu berarti validasi data peserta didik, tutor, pembelajaran harus menjadi prioritas agar dapat sinkronisasi. Selain itu, kendala yang dihadapi pada bagian Verval PD, itu terihat dari beberapa PD belum mendapatkan NISN. Di samping itu, kami juga terkendala dalam pemahaman tim kerja terkait pendataan peserta didik baru, hal itu dikarenakan kami ingin para tim kerja dapat memproses pendaftaran peserta didik baru dengan cermat dan mengedepankan validitas data.

Dengan demikian, dari pelaksanaan diskusi terpumpun ini kami berharap dapat menjaga kualitas data pokok pendidikan PKBM Widya Asrama dengan baik agar data yang dihasilkan memilki tingkat validitas yang tinggi dari segala aspek.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pendidikan Kesetaraan (EPK) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Sistem Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C di PKBM Widya Asrama

RAT-PK [Rencana Aktivasi Tutorial - Pendidikan Kesetaraan]